12 Bahaya Natrium Benzoat bagi Kesehatan Tubuh

Natrium benzoat atau lebih dikenal dengan nama materi pengawet, biasanya terdapat pada makanan dan minuman bahkan kosmetik. Zat ini dipercaya mempunyai kegunaan untuk mempertahankan kualitasnya biar sanggup mencegah oksidasi terhadap udara bebas dan terhindar dari proses pembusukkan.

Natrium benzoat boleh dikonsumsi asalkan kadar yang masuk pada badan tidaklah terlalu banyak. Tentunya sesuai dengan proposal andal gizi. Biasanya tanpa disadari seseorang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung materi pengawet tidak memperdulikan dampak samping yang merugikan tubuh. Sebaiknya, Anda harus mengetahui dampak samping zat ini untuk tubuh. Berikut ini ancaman natrium benzoat bagi tubuh.

1. Kecanduan

Zat benzoat yang ada pada makanan mempunyai kegunaan sebagai zat aditif yang sanggup menjadikan seseorang kecanduan. Bahaya ini sama menyerupai yang dialami seseorang yang terlalu konsumsi kopi hampir setiap hari. Tentunya akan menimbulkan rasa tidak lezat jikalau tidak mengkonsumsinya.

2. Timbul penyakit degenerasi saraf

Terlalu banyak mengkonsumsi natrium benzoat sanggup merusak jaringan tubuh. Kondisi ini sanggup memicu timbulnya penyakit degenerasi saraf. Penyakit ini bekerjasama dengan sistem gerak dan motorik.

3. Massa tulang berkurang

Bagi perempuan dan lansia sebaiknya kontrol makanan dan minuman yang mengandung natrium benzoat. Hal ini sanggup mensugesti Anda mengalami keropos tulang pada usia yang masih produktif. Selain itu juga sanggup menjadikan kerusakan sumsum tulang.

Jika natrium benzoat mulai mengendap kedalam jaringan hati, kondisi ini sanggup menimbulkan pembengkakan hati atau peradangan sehingga akan memicu terjadinya gangguan fungsi hati.

5. Kerusakan paru-paru

Efek yang ditimbulkan tanggapan endapat natrium benzoat yang menggumpal dijaringan paru-paru ialah pembuluh darah menuju paru tersendat dan pengguna akan mengalami sesak nafas, dada nyeri dan juga rentan terkena bakteri. Akibatnya, gejala-gejala tersebut menimbulkan seseorang akan menderita penyakit paru-paru.

6. Memicu munculnya penyakit Alzheimer

Selain sanggup masuk kedalam badan dibagian jaringan sel, natrium benzoat juga sanggup mengalir ke jaringan otak. Kondisi ini sanggup menimbulkan seseorang mengalami ketidakseimbangan dalam berfikir, daya ingat berkurang dan linglung. Jika keadaan ini dibiarkan saja sanggup menciptakan seseorang gampang terserah penyakit Alzheimer atau pikun.

7. Serangan jantung

Gejala yang dialami tanggapan natrium benzoat tidak hanya yang telah dijelaskan sebelumnya, tetapi juga sanggup merusak jaringan jantung termasuk arteri dan katupnya. Kondisi ini ditandai dengan jantung mengalami kesulitan memompa darah sehingga timbul serangan jantung mendadak.

8. Stress

Cara kerja zat natrium benzoat dalam jangka pangjang ialah mengalami penggumpalan yang akan menimbulkan seseorang mengalami depresi dan stress. Hal ini disebabkan natrium benzoat menyerang pembuluh darah sekitar kepala dan menunjukkan pemfokusan sehingga area kepala menjadi tidak nyaman.

9. Merusak peredaran darah

Sebaiknya Anda harus menentukan dan cermat dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung natrium benzoat. Jika tidak dikontrol dengan baik, zat natrium benzoat dalam badan sanggup menghambat dan mengganggu peredaran darah kesudahannya badan rentan terjangkit ketidakstabilan tekanan darah.

10. Merubah sikap anak menjadi tidak terkendali

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung natrium benzoat dalam jangka panjang sanggup mensugesti sikap seseorang. Hal ini ditandai dengan perubahan sikap tanggapan rusaknya jaringan otak dan suasana hati yang gampang berubah. Kondisi ini sanggup menimbulkan seseorang mengalami depresi akut.

Selain 10 ancaman diatas, ada beberapa ancaman natrium benzoat bagi badan lainnya. Berikut ini ancaman natrium benzoat lainnya.

11. Mempercepat penuaan dini

12. Menimbulkan penyakit bipolar

Itulah beberapa informasi kesehatan perihal ancaman natrium benzoat bagi badan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas mempunyai kegunaan bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga sanggup Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

About the Author: Dian Berliana

You May Also Like